Senin, 22 September 2014

All about Telor :D - Keping # 80

Telor..

"Ma, aku dibuatin telor mata sapi ya. Kalo bisa bulatannya yang gede,"kata Raisyah.

"Ma, kalo aku telornya di orak arik ya, ma.  Enak kalo di makan begitu,"pesan Arya sejurus kemudian.
"Upi mau makan telor juga,"sambung Lupi tiba-tiba.

Berbicara mengenai telor, khususnya telor ayam, tidak lepas dari kegemaran makan anak-anak dirumah.  Ya, telor menjadi salah satu menu ajaib yang selalu menarik minat untuk di makan. Entah mau di ceplok mata sapi, di dadar, di orak arik, direbus, semua tampak mudah di lakukan. 

Telor  pun tidak hanya sedap bila di padu dengan nasi putih plus kecap manis saja. Tetapi bisa pula menjadi penggugah selera saat di tampilkan bersama mie rebus, mie goreng, atau nasi goreng.  Telur bisa di buat fuyung hai, balado atau di semur dan di santan (kok jadi lapar yaa....

Anak-anak saya mempunyai selera berbeda mengenai telor.  Arya contohnya, suka sekali makan telor ceplok mata sapi ataupun orak arik.  Arya tidak terlalu suka telor dadar atau telor rebus, kecuali kalau di variasi dengan mie atau nasi goreng. 

Berbeda dengan Raisyah yang suka segala jenis olahan telor, baik di ceplok, di dadar ataupun rebus. Hanya saja khusus untuk telor rebus, Raisyah lebih suka memakan kuning telornya saja.  Hihihi..
Kebayangkan kalau cuman kuning telor rebus aja, gimana coba dengan putih telornya? eits.. untungnya Lupi si bungsu, selain suka beraneka olahan telor juga sangat suka putih telor rebus. Jadi klop kan !

Raisyah makan kuning telor rebusnya, Lupi makan putih telornya. Jadi ngga perlu takut mubazir.
Oh ya, saya tempo hari sempat search internet tentang manfaat makan telor, khususnya telor rebus.  Link nya saya ambil dari :http://m.vemale.com/kesehatan/48466-manfaat-makan-telur-rebus-untuk-kesehatan.html

Ternyata telor rebus sangat bagus di jadikan sarapan pagi. Hal itu karena menurut penelitian terdapat 6,29 gr protein dan 78 kalori yang terkandung dalam telor rebus. Sehingga dapat membantu mengisi bahan bakar tubuh dan menahan rasa lapar.

Saya jadi teringat cerita tentang Atlet Binaraga Ade Rai dalam sebuah wawancara di televisi. Ade Rai bilang untuk tetap menjaga stamina dan kondisi tubuhnya agar bisa keren (hehehhe.. ini mah saya aja yang bilang), doi mengkonsumsi telor rebus sebanyak berapa biji gitu tiap harinya. Ternyata manfaat telor rebus bagus juga buat atlet ya.

Selain itu, ada beberapa manfaat mengkonsumsi telor rebus secara teratur.  Antara lain baik untuk kesehatan mata karena sama saja mengkonsumsi karotenoid yang melindungi dari degenerasi makula. yaitu sebuah penyebab kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Telor Rebus pun baik untuk kuku karena mengandung sulfur yang tinggi  dan sumber vitamin D, baik untuk otak, tulang dan darah.
Wah, tenyata memang banyak ya manfaat dari telor khususnya bagi anak anak. Namun jangan pula terlalu bablas makan telor. karena bagaimana pun juga tubuh  perlu asupan menu makanan lainnya biar tambah kuat dan sehat :)

2 komentar:

  1. Pilihan akhir saat bingung mikir menu...atau saat dadakan ada tamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe.. betul mba.. telor memang serba praktis dan tidak ribet. :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...