Selasa, 07 Oktober 2014

Endoscopy Lagi, Cepat Sembuh Bapak - Keping #90

Beberapa hari belakangan ini saya memang agak sibuk, sehingga ngga sempat mengisi blog ini .  Hape jadul kesayangan yang senantiasa menemani, entah mengapa tiba tiba tewas seketika. Mungkin selain umur hape yang sudah uzur, faktor penyiksaan fisik karena sering jadi percobaan Lupi menjadi penyebab utama. Hehehe..

Praktis, sejak tidak adanya hape tersebut, aktifitas saya cukup terusik. Tidur tidak nyenyak, makan tidak nyaman, jalan pun gelisah... hahahaha.. nggak Ada hubungannya juga.  Intinya memang saya baru menyadari, betapa berartinya hape itu buat saya. Saya jadi kesulitan untuk menulis, cek email, main game, sms dan telpon.  Benar lho kata orang tua dulu,  sesuatu akan sangat berarti dan terasa banget kalo sudah meninggalkan kita .hehehehe.. akhirnya sementara ini, saya memakai hape super jadul pemberian .  Lumayanlah, dari pada harus ngeluarin duit lagi .

Oh ya, mau cerita nih.  Pas lebaran haji kemarin,  kami sekeluarga akhirnya berpindah ke kamar rumah sakit umum.  Pasalnya, bapak alias kakeknya anak anak, kambuh lagi sakit maag akutnya.  Sebenarnya sakitnya udah beberapa hari menjelang lebaran, namun masih ditahan.  Tapi rupanya sudah nggak kuat lagi, jadi langsung di boyong opname .

Setelah check up, disimpulkan pengaruh maaq itu bukan hanya lambung bapak bermasalah.  Tetapi juga Karena bapak rutin mengkonsumsi obat pengencer darah.  Setelah abis pemasangan ring di jantung beberapa waktu lalu, bapak memang diwajibkan meminum obat pengencer darah.  Ibaratnya pemasangan ring dan minum pengencer darah tiap hari itu satu paket.

Sebenarnya dokter jantung dan dokter internist sudah menjelaskan pengaruh obat pengencer darah ini ke lambung.  Pemasangan ring lebih utama dilakukan karena menyangkut jantung. Jadi pengobatan lambungnya bisa beriringan.  Namun ternyata tetap aja bapak tidak kukukuaaaattt...

Kemarin bapak sempat menjalani endoscopy untuk melihat kondisi lambung. Saya sudah ketiga kalinya menemani bapak untuk endoscopy. Ruangan endoscopy jadi satu di gedung ruang bedah sentral RS umum.  Ada 5 pasien slain bapak yang akan menjalani endoscopy hari itu .  Saya ditemani kakak dan Arya menunggui bapak. Untungnya Arya lagi libur dan sudah dua malam tidur dirumah sakit jaga kai nya.

Sebelum bapak dilakukan endoscopy, bapak disuruh puasa dulu dari mal am harinya. Kebayangkan rasa lemesnya bapak nunggu Giliran endoscopy siang harinya.  Alat endoscopy itu semacam selang khusus berkamera yang akan dimasukkan melalui mulut.  Selangnya lumayan gede lho.  Pasien biasanya harus rileks agar memudahkan dimasukkan selang endoscopy.

Dokter Pambudi yang merawat bapak, hapal sama kami sekeluarga. Maklumlah, kami pasien tetap beliau.  Hampir tiap bulan baik bapak atau mama kontrol kesehatan ke beliau, begitupula dengan saya. 
Saat endoskopy, sebenarnya keluarga pasien bisa memilih menemani atau menunggu diluar ruangan. Butuh nyali dan keberanian besar untuk melihat proses endoskopy berlangsung.  Kita dapat menyaksikan bagaimana kamera di selang endoscopy menjelajahi isi perut pasien.

" Nah, mba, itu usus 12 jari bapak lho.. bentar lagi kita nyampai ke lambung," kata dokter Pambudi seraya menjalankan selang endoscopy dalam tubuh bapak.

Mata saya tertuju pada layar televisi yang terhubung dengan kamera endoskopy.  Terlihat memang bagaimana isi perut bapak terpampang dengan nyata di hadapan saya.  Untungnya saya sudah ketiga Kali menemani proses endoscopy bapak, jadi cukup tahan mental dan muka badak melihat proses yang cukup menakutkan itu.

Hasil endoscopy menunjukkan memang Ada peradangan di lambung bapak. Ini pula jadi salah satu penyebab mag bapak kumat.  Semoga lekas pulih ya pak..

arya mejeng dulu yaa

4 komentar:

  1. Cepat sembuh ya mbak Kainya...

    BalasHapus
  2. Subhanalloh.. Mb Yuni diberikan kekuatan mendampingi Bapak..Moga Bpaka lekas sehat lagi..Jaga kesehatan y Mb Yuni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. amin .. terima kasih ya
      Mba at as doa serta semangatnya

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...