Jumat, 04 Maret 2016

Ketika Raisyah Membuat Slime - # Keping 154

"Ma, Raisyah mau buat slime," kata Raisyah suatu sore pada saya.

"Slime? Makanan kah itu?"tanya saya bingung. Maklumlah, walaupun tergolong emak -emak gaul. Ada kalanya saya kudet.

"Bukan, ma. Slime bukan makanan. Itu mainan, seperti play doh,"terang Raisyah.

"Yang mana sih slime itu?"Saya semakin tidak mengerti.

"Modelnya kaya playdoh, ma. Tapi bentuknya lebih mudah di mainkan. Afya juga bikin. Coba mama liat di youtube". Afya sepupu Raisyah, anak kakak saya.

Nah, lho.  Asli deh si emak kudet. Apa pula slime itu. Sudah tempo hari Raisyah heboh tentang aikatsu, sekarang berganti pula dengan slime.

Akhirnya saya mencoba searcing youtube mengenai cara membuat slime.  Wow, ternyata banyak lho cara membuat slime itu. Mudah juga mencari bahan-bahan slime sekaligus tutorial membuatnya.

Kegunaan Slime

Slime ini bisa digunakan untuk bermain anak-anak lho. Bentuknya yang elastis, memudahkan anak kita untuk membentuk slime seperti apa pun juga.

Silme itu juga bisa lho membantu membersihkan debu atau kotoran yang menempel dan sulit di bersihkan. Misalnya kotoran atau debu yang menempel di keyboard komputer atau laptop.

Kita tinggal mengambil slime dan menempelkan slime ke bagian keyboard yang kotor tersebut. Diamkan sejenak dan kemudian angkat slimenya. Bisa langsung deh keliatan ada banyak debu atau kotoran yang menempel.


Bahan dan Cara Membuat Slime

Sebenarnya banyak cara untuk membuat slime yang saya tonton di youtube.  Namun berhubung Raisyah dan saya kompak mau buat slime dengan bahan yang mudah di dapat, akhirnya kami pilih buat slime yang aman tanpa borax.

Bahan- bahan yang Raisyah Gunakan yaitu :
- Lem (Raisyah memilih mengunakan lem Ponival)
- Pewarna makanan ** ( fungsinya untuk pewarna slime. Tapi bisa juga tanpa pakai pewarna. Raisyah kali ini membuat tanpa pewarna.
- air secukupnya
- Bedak (Raisyah mengunakan bedak bayi yang biasa di pakai Lupi adiknya)
- obat tetes mata (Raisyah pakai produk Insto)
-  Sabun Cair (bisa pakai merk apa aja ya)
-  Baby Oil (pakai merk apapun bisa)5
- mangkok dan sendok



Nah, begini cara membuatnya Slime ala Raisyah : 
Pertama-pertama, Raisyah masukkan lem secukupnya di dalam wadah mangkuk .  Nah, kalau mau di beri warna, bisa di teteskan  pewarna makanan cukup 2 atau 3 tetes aja.  Tapi karena Raisyah memang tidak ingin memberi warna, jadi tidak menambahkan pewarna.

Setelah itu masukkan sedikit air , dan aduk-aduk deh. Jangan lupa masukkan obat tetes mata sekitar 5 tetes, dan aduk terus sampai rata. 

Raisyah lalu menambahkan sabun cair ke adonan slime tadi, dan di aduk-aduk lagi sampai rata.  Kemudian masukkan bedak bayi secukupnya dan aduk aduk lagi. Pokoknya harus semangat deh ngaduk-ngaduknya hehehe.

Terakhir, setelah adonan menggumpal dan tidak lengket, baru masukkan terakhir baby oil secukupnya dan aduk lagi.   Dan.... selesailah slime buatan Raisyah.



Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda

Untuk mendapatkan bentuk slime yang bagus seperti sekarang, ternyata perlu latihan juga lho.  Raisyah sendiri sempat beberapa kali mencoba membuat slime namun hasilnya gagal dan tidak memuaskan.  Bisa karena kurang lemnya, kurang mengaduknya, kurang lengket, dan lain-lain.

Pokoknya buat slime ini awalnya rada membingungkan bagi emak seperti saya  hehehe. Tapi saya selalu yakin kalau kegagalan membuat slime termasuk keberhasilan yang tertunda hehehehe.

Buktinya sekarang Raisyah sudah mulai keren buat slimenya dan juga mulai menyiapkan diri untuk berbisnis slime heheeh.. Rupa-rupanya teman-teman Raisyah memang tertarik dengan slime buatan Raisyah.

Tertarik ingin mencoba membuat slime? Yuk, silahkan di coba aja bersama putra putri kita.

18 komentar:

  1. Anak-anak saya juga lagi senang buat slime mbak... Kenyal-kenyal gitu ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kenyal kenyal begitu. Anak anakku juga senang banget mbak

      Hapus
  2. saya pernah jg bikin slime bareng anak-anak, tapi dari tepung, jadi ga jadi tetep bisa dimainin hihih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. slime itu memang banyak resepnya . Tinggal kita coba coba aja. Saya juga harus beberapa kali nyoba bersama Raisyah

      Hapus
  3. Waaaah Raisyah keren sekali siiihhhhh. Kalo aku tau slime karena bentuknya kaya ingus mak, kalo yang pernah aku liat sih.. Hihihi. Boleh dicoba ini resep slimenya. Makasi sharingnya ya Maaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak.. banyak slime yang bagus bagus bentuknya. Bahkan ada yg pakai glitter cantik. Raisyah masih dalam tahap yang sederhana saja buatnya . Terima kasih juga ya mak

      Hapus
  4. saya tertarik untuk membuatnya bersama anak saya di rumah Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba.. di coba buatnya. Ada banyak resep juga yang bisa di liat di internet.

      Hapus
  5. Sekarang anak saya aisyah keukeuh mau nyoba cara lain...pake tambahan gum. ayahnya ga bolehin takutnya beracun. akhirnya berdua gontok2an...hihi. yg satu blg ga apa2 gum kan obat sariawan...yg satu keukeuh ga bolehin. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe. Iya mak. Ada juga yg pakai Gum trus ada yang pakai borax resepnya. Katanya sih hasilnya lebih bagus. Tp ya sama mak, ayahnya Raisyah ngga bolehin pakai bahan tersebut. Hehehe..

      Hapus
  6. gak ada takarannya, jadi hanay kira2 saja ya, wah artinay harus banyak mencoba sampai bisa bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalo di resep resep di google ada takarannya mba. Hehehe..tp raisyah lebih suka pakai resep ala dia aja hehee..

      Hapus
  7. Putriku juga tiba2 menggemari slime..padahal aku bingung ini buat apa? Kukira sampah tadinya krn warnanya dekil..hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. iya mba. Lg ngetrend slime ini rupanya. Aku juga waktu awal liat.. agak bingung heheh.bentuknya aneh

      Hapus
  8. adekku lagi kerajingan bikin slime gagal udah berapa kali tuh sampe saya ketawa liatnya gagal maning galgal maning, tapi engga berenti"terus bikin dan aku juga mama ikutan deh bikin hihi :D

    XOXO,
    http://www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba.. bikin slime ini bikin ketagihan untuk buat karena penasarannya hehhe

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...