Kamis, 02 Oktober 2014

Susah Tidur Karena Nyeri? Isi dengan Kegiatan Ini ! - Keping # 89

Gara gara suka susah tidur kalo malam, alias jadwal tidur yang tidak jelas, akhirlah tercipta postingan ini :)

Ceritanya begini, dulu sebelum saya di vonis kanker. Saya memang hobi tidur larut malam. Saya suka mengisi waktu membaca, menulis atau menonton tivi. Kegiatan yang bisa saya lakukan sendirian dan dengan tenang saat anak anak sudah tidur nyenyak ;)

Nah, ternyata saat tervonis kanker. Saya sadar, saya harus merubah kebiasaan tersebut. Tubuh saya harus benar benar butuh waktu istirahat cukup agar kondisi tetap fit.  Kalau tubuh saya tidak fit, gimana nanti melawan kanker yang bisa mengerogoti tubuh saya? Bisa tanpa perlawanan dong dari saya hehehe..

Tapi ternyata ngga semudah itu mengubah waktu tidur malam lebih baik. Butuh kerjakeras yang kuat sampai berdarah darah hahaha.. Cara cara gimana membuat tidur nyenyak, insha Allah akan saya bahas di postingan lain waktu.

Singkat cerita, akhirnya saya bisa memajukan jam tidur saya. Bila dulu tidur jam 11 an keatas, sekarang jam 9 an saya sudah tidur cantik. Caranya? Nah.. Itu saya bahas belakangan ya..hihihi..
Nah, yang jadi masalah.. Saya sering kebangun kalo tengah malam. Dan ini bukan karena susah tidur lho. Tapi ya itu, karena nyeri akibat cancer pain suka nongol waktu jam tidur biologis saya huaaa.. :'(  Sebenarnya sih kalo ngga tidur pun saya kerap merasakan rasa nyeri, pegel atau kebas di beberapa bagian tubuh. Ini karena metase ke tulang belakang, yang bikin kadang pinggang, pantat, paha atau betis suka aneh gitu rasanya.

Cuman, pas tengah malam lebih banget terasa. Sebenarnya memang karena tidak ada nya aktifitas yang berarti di malam hari. Jadi sinyal sinyal sakit itu terasa sekali. Hihihi.. Kalau begitu, biasanya ada beberapa hal yang saya lakukan supaya bisa tidur kembali.  Salah satunya ya minum obat pain killer. Susahnya lagi,  ini obat ngga langsung bikin berkurang rasa sakit, tapi pakai proses bo...  Jadi, saya lakukan beberapa aktiftas lain untuk mengalihkan rasa sakit.  Dan tips ini juga saya lakukan kapan saja saat nyeri itu tiba nongol.

1.  Makan cemilan atau bikin minuman hangat
Salah satu hal menarik mengalihkan rasa tidak nyaman, yaitu makan. Hohohoho.. Apalagi makannya sambil minum minuman hangat. Di jamin berasa adem dan damai dunia ini hihihi..

2. Nonton tivi.
Jam jam tengah malam biasanya banyak film film yang asyik buat di tonton. Tinggal pegang remote dan pilih deh.. Tapi biasanya juga jam segitu ada reality show menyeramkan. Seperti Bukan Dunia Lain, Mister Tukul Jalan-jalan, Jejak Paranormal, dll.  Kalo nonton yang beginian, asli.. Dijamin ngga mikir lagi rasa nyeri. Soalnya kebawa tegang sekaligus takut hihihi..

3. Nonton korea
Ada temen bilang, kalau mau menemukan laki laki yang tampan, tajir, baik hati dan selalu ada untukmu bila kesulitan, maka nontonlah film korea! Hahahaha.. Sekisas memang apa yang teman saya bilang itu bercanda, tapi ternyata bener juga. Saat ngga bisa tidur, nonton film korea itu bikin hati terhibur banget. Sisi romantis film korea memang dapat banget. Jadi terlupakan deh rasa sakit itu smentara waktu.

4. Nonton film india
Mahabaratha, Jodha akbar, Hatim, dll bukan hanya mampu membius  bapak dan emak untuk duduk manis menontonnya. Bahkan mereka pun menyuruh adik saya hunting vcd film nya biar ngga penasaran.  Tahu aja kan.. Kalo di tivi bentar banget.  Nah, biasanya saya ikut ikutan deh nonton vcd nya. Bener lho, kadang rasa sakit itu bisa teralihkan dengan kehadiran sosok pandawa dan karna hihihi..

5. Menulis, membaca dan Blog Walking
Nah, kalau saya rajin dikit.. Waktu waktu ngga bisa tidur gitu, saya gunakan untuk menulis atau isi blog. Atau Blog Walking, dengan mampir ke blog blog milik emak emak kece di Kumpulan Emak Emak Blogger. Untungnya biar hape saya ini jadul dan tahan banting (karena sering kebanting atau jatuh), namun masih bisa kompromi untuk aplikasi mendukung kegiatan menulis dan blog saya. Saya juga bisa mengisi waktu sambil membaca buku, novel atau majalah. Terkadang saya membaca berita berita online heheheh.

6. Melakukan kegiatan datar
Aduh.. Sebenarnya hal ini benar benar kalo kepepet saja dilakukan. Itu loh kegiatan datar seperti menghitung jumlah kambing atau sapi hihihi.. Aih napa saya jadi ingat film kartun ya. Ada epissode tokohnya susah tidur trus hitung kambing 1, kambing 2, dsb...hihihi. Saya akhirnya pernah mencobanya .. Dan ternyata berhasil saudara saudara !

7. Sholat, zikir atau mengaji.
Sebenarnya kegiatan ini adalah paling utama dilakukan. Tapi sengaja saya taruh penjelasannya paling belakang biar penasaran. Kalau sudah susah tidur atay rasa nyeri menghadang, cara terbaik ambil air wudhu dan bemunajat kepada Allah. Mengadu dan menangislah sepuasnya pada penciptaan. Sekaligus berdoa untuk kesembuhan kita. Insha allah rasa sakit itu akan berkurang . Nah.. Kalau masih susah ngantuk dan tidur lagi, bisa di coba tips no 1 sampai 6 diatas hehehhe..


Oh ya.. Kalau memang ternyata masih susah tidur juga, harus terus di coba cara biar tidur lebih berkualitas. Salah satunya dengan diusahakan tidur waktu siang karena tidur malam kita udah keganggu. Hehehehh.. Sekian tips ajaib dari saya :) insha allah nanti mau bahas tentang masalah tidur lagi ..
Note : fotonya foto bantal dan guling nih.. Identik untuk tidur heheh
bantal andalan

12 komentar:

  1. Mbak yuni ini ngebahas 'pain aja sambil haha hihi ceria. Duuh 'kagum deh mbak, saya jadi ingat teman saya yang tegar dan selalu pandai bersyukur seperti mbak. Semoga Allah selalu melindungimu dan cepat sembuh seperti semula ya mbak. Salam sayang selalu buat mbak yuni dan anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Sebenarnya pengen nangis juga mba kalo udah nyeri..sakitnya itu ngga kukuku.. Hihihi...
      Tapi kalo makin saya sedih atau nangis tubuh saya jadi ikutan lemes heheh..
      Ya udah saya bawa aktifitas ringan buat alihkan peehatian. :)

      Amin amin.. Makasih ya doanya ya mba . Semoga Allah senantiasa melindungi mba dan keluarga . Amin

      Hapus
  2. Semoga kesabaran Mak Tri jadi jihad yaa...amiin ya Rabb..:)

    BalasHapus
  3. saya juga sebetulnya pengen mengurangi kebiasaan tidur larut malam, tapi masih gagal aja, Mak. Kita begadang bareng apa, ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Ayo mak kita sama sama begadang :)

      Hapus
  4. Suah tidur belum...hehehe...Jadi ikutan hahahihi nih mbak.. :) Tetep semangat mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. semangat semangat.. makasih ya mba

      Hapus
  5. Kalo saya, malem2 tetep suka nonton pelem di yutup atau yg udah dicopy ke netbook.. Biasanya film dr buku Agatha Christie, gak bosen deh diulang-ulang :p Trus pasti pake ngemil n ngeteh..xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. nonton tivi itu bikin semangat ya mba.. jadi lupa sama nyeri saya heheh

      Hapus
  6. MaasyaaAllaah, Mba Yuni cerita seperti bukan sedang menderita penyakit yang menakutkan..banyak smilenya..:). Semoga selalu diberi Allaah kekuatan ya, Mba. Semiga cepat sembuh. Aamiin.

    BalasHapus
  7. Dulu biasanya saya minum obat pain killer dan baring sambil denger musik berusaha tidur. Luar biasa...mana bisa saya saat sakit blogwalking nulis dll... gak sanggup aku mba. Paling meringkuk di sudut tmpt tidur. Proud of u mba...tetaplah kuat dan penuh semangat ya mba *hug

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...