Senin, 23 Januari 2012

USAHA APA YA...??

Oleh : Tri Wahyuni Rahmat

Setelah anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis usaha yang akan anda jalankan. Sebenarnya banyak ide-ide untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan pilihan, hanya saja selama ini kita sering terjebak dengan kebuntuan karena kurangnya referensi ataupun informasi yang kita peroleh. Ada beberapa cara bagi anda untuk mencari ide usaha yang sesuai dengan keinginan anda sendiri yang tentunya akan menjadi usaha yang menguntungkan kelak bagi anda. 

 1. Kenali lingkungan anda Bisnis yang dilakukan pada awal biasanya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Beberapa pengusaha perempuan sukses terkenal pun memulai usahanya dari rumah. Dan lebih menariknya lagi mereka memilih jenis usaha tersebut dikarenakan kebutuhan oleh masyarakat disekitar lingkungan mereka. Kenali lingkungan tempat tinggal anda, bisnis apakah yang cocok dan potensial bisa di jalankan di sekitar lingkungan anda. Contohnya saja bila di daerah tempat tinggal anda banyak di terdapat anak-anak kecil atau remaja yang membutuhkan banyak hiburan, anda bisa melirik persewaan Playstation atau Game online sebagai jenis usaha anda. Atau bila di daerah tempat anda, sangat jauh dari supermarket ataupun tempat belanja kebutuhan sehari-hari, anda bisa memilih usaha toko klontongan sederhana di rumah anda. Dan tentunya, masyarakat sekitar anda akan sangat terbantu dengan berbelanja dekat di tempat anda. 

2. Hobi ataupun kegemaran. Hobi atau kegemaran yang biasa kita lakukan bisa menjadi ide usaha yang bisa menguntungkan bagi kita. Misalnya saja kita hobi membaca buku dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak jumlahnya, maka kita bisa membuat tempat usaha persewaan buku atau perpustakaan mini kepada masyarakat. Atau bila anda hobi menulis, anda bisa memanfaatkan hobi menulis anda untuk sebagai jenis usaha seperti menjadi penulis buku ataupun penulis lepas. 

 3. Inovasi dan kreatif beberapa jenis usaha yang bisa anda pilih bisa berasal dari sebuah bentuk inovasi ataupun pikiran kreatif. Menciptakan sesuatu hal berbeda dalam usaha akan menambah daya tarik konsumen. Biasanya konsumen akan tertarik dengan usaha ataupun produk tertentu yang berbeda dengan yang lainnya. Contohnya saja dengan usaha dagang sandal ataupun sepatu lukis. Mungkin usaha sandal ataupun sepatu adalah hal yang biasa. Namun bila di tambah dengan inovasi yang kreatif dengan membuat sandal berkarakter unik ataupun sepatu lukis, hal ini akan menjadi suatu hal yang luar biasa. 

4. Buku-buku, seminar dan pelatihan wirausaha Buku adalah gudang ilmu pengetahuan dan informasi. Anda bisa mendapatkan banyak informasi melalui membaca buku. belakangan ini telah tersedia beratus-ratus judul buku yang terkait dengan dunia wirausaha. Buku-buku tersebut terkait dari segala macam hal yang ingin anda ketahui tentang wirausaha. Tentu saja anda tinggal memilih jenis buku yang sesuai dengan keinginan anda. Bahkan beberapa teman saya, memulai usahanya karena terinspirasi dari buku-buku yang mereka baca. Disamping itu, anda bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan wirausaha, seperti seminar, pelatihan ataupun training wirausaha. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat kita kaya akan ilmu pengetahuan tentang dunia usaha, termasuk ide-ide usaha yang sangat menarik untuk dijankan. Disamping itu juga akan menambah jaringan teman-teman di dunia usaha. 

 5. Informasi dari komunitas ataupun milis-milis wirausaha. bila anda masih saja kekurangan ide-ide untuk memulai usaha, anda bisa menggali banyak informasi dengan menjalin informasi melalui komunitas ataupun milis-milis wirausaha. Belakangan ini sudah mulai marak komunitas entrepreneur yang mengadakan pertemuan rutin untuk saling berkomunikasi dengan anggotanyanya. Dari sini kita bisa memanfaatkan untuk saling bertukar informasi tentang dunia usaha. Dunia internet pun terbuka lebar bagi kita untuk mencari informasi tentang wirausaha. Beberapa milis-milis wirausaha sangat terbuka bagi anggotanya untuk saling berbagi informasi dan pengalaman di dunia usaha. Bahkan beberapa mompreneur mendapatkan ide berbisnis melalu sebuah situs jejaring social facebook ataupun twiteer setelah saling berinteraksi sesama anggota situs. Antara lain di group Ibu-ibu Doyan Bisnis. Hal ini menarik, karena kedepannya kita dapat pula memperkenalkan sekaligus mempromosikan usaha bisnis yang telah kita jalankan kepada sesama anggota komunitas, milis ,ataupun teman dalam jejaring social.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...