Minggu, 13 Maret 2016

Ketika Lupi Ikut Imunisasi Polio - #Keping 157

Bulan Maret 2016 ini di ramaikan dengan salah satu agenda dari pemerintah yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. PIN di laksanakan pada tanggal 8-15 Maret 2016 ini. 

Untuk tempat pemberian imunisasi polio ini, bisa dilakukan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik swasta, rumah sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya. 

Lupi pun Ikut Imunisasi Polio

Lupi, si bungsu, menjadi perhatian di rumah untuk segera di imunisasi polio.  Hebohnya iklan PIN di berbagai saluran televisi, membuat orang rumah khususnya kakek neneknya mengingatkan Lupi untuk di imunisasi. 

Belum lagi om dan tante nya yang mengingatkan saya untuk segera membawa Lupi imunisasi. Maklum saja kan, awal bulan maret tadi, saya juga masih harus mendem di rumah sakit karena jadwal operasi. Mereka kuatir kalo saya terlupa membawa Lupi imunisasi.

Senin, 14 Maret, tepat sehari sebelum penutupan PIN 2016, akhirnya Lupi di bawa ke puskesmas untuk imunisasi. Proses Imunisasi kali ini rada lebay, karena saya tidak memungkinkan membawa Lupi langsung ke puskesmas. Saya terpaksa mengutus si mba Is ditemanin kakak saya untuk membawa Lupi.

Asli deh.. pengen mewek rasanya. Pengen banget nemanin Lupi ke puskesmas buat imunisasi. Pasti dia senang banget di sana karena ketemu banyak anak-anak seusia dia. Tapi apalah daya.. harus di tahan tahan deh meweknya.  Untungnya Lupi tetap happy dan semangat mengikuti imunisasi polio di puskesmas.


Apa sih Pekan Imunisasi Nasional Polio itu?

Saya cukup salut dengan pemerintah Indonesia  dengan promosi PIN polio untuk masyarakat. Harapannya agar masyarakat Indonesia yang punya anak usia 0-59 bulan bisa mendapatkan imunisasi Polio.

Indonesia sendiri sudah di nyatakan bebas polio  di Asia Tenggara pada bulan Maret 2014. Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio merupakan salah satu upaya pemerintah mempertahankan keberhasilan tersebut di samping turut mendukung Dunia Bebas Polio.
Lalu apa sih penyakit polio itu? Menurut sumber yang saya baca di  http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/apa-yang-perlu-diketahui-orangtua-tentang-pekan-imunisasi-nasional-polio-2016 . 

 "Penyakit polio adalah penyakit yang sangat menular yang menyerang anak balita dan disebabkan oleh virus polio. Virus ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan dapat menyerang susunan saraf pusat serta dapat menimbulkan kelumpuhan. Penyakit polio tidak ada obatnya, namun dapat dicegah dengan imunisasi polio. Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif untuk mencegah penyakit polio."

Nah, ternyata memang penting ya imunisasi polio ini. Jadi terserah teman-teman saja sekarang..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...