Selasa, 22 September 2015

Ketika Rambut Mulai Berguguran - # Keping 147

Ada beberapa  efek yang biasa terjadi setelah menjalani kemoterapi yaitu rambut rontok, antara lain : mual-mual, tidak berselera makan, badan lemas, rambut rontok, dan lain lain.  Nah, sekarang saya mau berbicara tentang rambut rontok.

Sebelum memutuskan melakukan kemoterapi, Dokter onkologi saja sudah menjelaskan mengenai efek-efek yang timbul karena terapi kemoterapi.  Tentu saja dari saat itu, saya berusaha menyiapkan diri menghadapi efek-efek tersebut.

Untuk masalah mual, mau muntah, perut berasa maag, saya sudah bisa mengantisipasinya.  Hal ini karena cukup berpengalaman saat melakukan 3 kali radiasi nuklir .  Saya ingat sekali, sesaat setelah minum iodine 131, pasti akan muncul berbagai gejolak di perut heehehe.. Biasanya di antisipasi dengan minum obat mual dan maag.

Begitu pula menjalani kemoterapi ini, berbagai efek itu saya rasakan.  Syukurlah dokter onkologi saya berbaik hati memberikan obat anti mual kelas kakap hehhe.. Kenapa saya bilang anti mual kelas kakap, karena selain topcer...harganya pun lumayan. Perbijinya seharga 137.500.  Nama obatnya Nesea.

Nah.. kita berlanjut bicara masalah rambut rontok. Ternyata memang kerontokan itu pun terjadi saudara,  tepatnya seminggu setelah kemoterapi pertama.  Saat itu saya terkaget-kaget ketika mendapati rambut saya dengan begitu mudah rontok hehehhe..

Selain sempat kaget, saya juga agak sedih.  Setelah bertahun tahun menjalani pengobatan kanker,  baru kali ini menyaksikan rambut rontok lumayan banyak.  Saya bahkan sempat curhat dengan teman sesama survivor kanker di group heheheh..

Tapi syukurlah...badai kaget dan sedih itu sudah berlalu. Walaupun rontok terus.. saya sudah bisa berlapang dada (hehehe.. jadi inget lagunya Sheila on 7). Apalagi para sahabat saya terus menerus menyemangati.  Ntar kan tumbuh lagi rambutnya kalo botak. Wkwkkw..

Namun.. diantara cerita itu semua, tetap ada kehebohan yang terjadi di rumah bersama anak-anak.  Ada aja faktor ketidak sengajaan yang mereka  lakukan hingga membuat rambut saya tambah rontok.  Dari Lupi yang tanpa sengaja narik rambut saya..  ( duh duh duh.. asli .. langsung rontok hihihi). 

Terus Raisyah yang pengen ambil sesuatu dekat rambut saya... eh.. malah ketarik deh rambut. Haahhaha...  Atau Arya yang pengen buktikan betapa mudahnya rontok rambut saya... (seperti uji kekuatan rambut wkwkwk).

Baiklahhhh..
Ayo semangat terussssss..

5 komentar:

  1. Terharu bacanya. Semangatmu memang pantas dijadikan inspirasi.

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya mba untuk doa dan supportnya. Amin

    BalasHapus
  3. Hai, mbak...salam kenal. Dan tetep terus semangat ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya mba. Terima kasih untuk semangatnya

      Hapus
  4. bu coba rutin minum jus nanas sm wortel. sm minum supplement quercetin + bromelain sm rutin minum kunyit. insya allah sembuh. coba cek di youtube truth cancer sm chris beat cancer bnyk orng yg sembuh tanpa kemo, semua menggunakan bahan2 anti kanker alami dari alam.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...