Selasa, 22 Juli 2014

Semangat 45 di Balik Ruang Kemo - Keping # 28

Wah.. ngga kerasa, udah masuk siklus Kemo tulang ke 8. Berarti udah 8 bulan menjalani masa kemo tulang yang cukup menyita waktu plus menguras air mata hahahaha... lebay ban get ya..

Yups, sebenarnya pengobatan kanker tiroid yang utama adalah tindakan operasi pada benjolan yang biasanya tumbuh di sekitar leher. Setelah itu, dokter akan menyarankan tindakan ablasi atau radiasi interna nuklir alias menggunakan bahan nuklir iodine 131 dengan dosis tertentu. Pembahasan ini pernah saya bahas di bagian lain blog ini.

Namun, Ada pula pasien kanker tiroid yang tidak melanjutkan terapi pengobatan ablasinya. Mereka lebih memilih hanya mengkonsumasi obat hormon tyrax saja atau bahkan memilih kemotrapi untuk pengobatan lanjutan.  Semua sih hak dari pasien terse but. Biasanya dokter hanya menyarankan saja. Pasienlah yang punya keputusan untuk menentukan.

Oh ya untuk kasus pengobatan saya, Ada beberapa pengobatan yang saya lakukan. Pertama yaitu tindakan operasi untuk mengangkat benjolan kanker tiroid dileher. Kedua meminum obat hormone yang bernama tyrax untuk pengganti kerja kelenjar tiroid yang sudah tidak ada. Selanjutnya dengan ablasi atau radiasi interna mengunakan iodine nuklir 131.

Untuk Kemo yang saya lakukan yaitu khusus obat Kemo untuk tulang. Obat yang digunakan yaitu bondronate yang masuk ketubuh lewat cairan infus.  Siklus bondronate yang diberikan sekitar 8 - 12 Kali, dimana diberikan sebulan sekali. Kemo tulang ini saya lakukan kanker tiroid yang saya derita sudah masuk stadium lanjut yang metase ke tulang belakang. Saya pun sempat mengalami kelumpuhan sementara waktu.

Untuk itulah, dokter menganjurkan terapi obat bondronate . Fungsinya untuk mengalau metase kanker lebih luas lagi di tulang khususnya tulang belakang, sekaligus menguatkan tulang saya yang rapuh :(
Tapi, ngga boleh patah semangat kan. Di tengah Masalah penyakit ini, saya tetap harus bersyukur Karena banyak kemudahan berobat yang saya dapatkan. Antara lain bertemu dokter Dan perawat yg baik Dan care. Pengobatan dibantu dengan jamkesda, dan masih banyak kemudahan lainnya.

2 komentar:

  1. Semoga tetap tegar dan selalu meraih butir hikmah di tiap kejadian. Allah bersama orang-orang yang sabar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. terima kasih doa dan dukungannya mba

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...