Minggu, 15 Desember 2013

Menapak Jejak di Fakulas Pertanian Universitas Brawijaya



Ada perasaan yang berbeda saat saya menginjakkan kaki kembali di kampus tercinta. Ya, di pertengahan bulan November lalu, saya masih diberikan kesempatan Allah untuk mengunjungi kampus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dalam kondisi tubuh yang tidak cukup fit, Perjalanan yang jauh dan melelahkan dari Samarinda Kalimantan Timur, seakan sirna begitu saya memandang kampus tercinta. Rasa sesak dan rindu di dada langsung tumpah ruah melihat kampus, tempat saya belajar banyak hal disana. Bukan hanya belajar dari segi akademis, tetapi belajar organisasi,arti persahabatan, cinta kemandirian, kedewasaan serta hal-hal lain yang membuat saya bisa seperti saat ini.

Bersama sesama alumni Sosek 98, yaitu Ibu Retno yang begitu baik mengantar saya untuk menengok kampus tercinta. Hehehe.. Saya sudah harus menahan diri memanggil sahabat saya ini, dengan ibu Retno apabila berada di lingkungan kampus. Karena saat ini Ibu Retno sudah menjadi staf pengajar di Fakultas Peranian jurusan Sosek. Benar-benar bangga rasanya, melihat teman kuliah dulu bisa menjadi dosen di fakultas pertanian.

Sebelum berkunjung ke Kampus, saya dan Ibu Retno sempat berkumpul dengan beberapa teman program studi Penyuluhan Komunikasi Pertanian angkatan 98 di salah satu resto di kawasan stasiun kota Malang. Memori demi memori saat kuliah terbuka lebar ketika kami saling bertemu dan bercerita. Walaupun banyak suka duka yang kami alami saat kuliah, namun ada Satu hal yang bisa saya tangkap, saya dan mereka merasa bahagia pernah menjadi salah satu mahasiswa jurusan Sosek Fakultas Pertanian. (kisah reuni akan saya ceritakan berikutnya)

Reuni pun berlanjut dengan agenda mengantarkan saya melihat-lihat kampus. Begitu banyak
perubahan yang bisa saya amati dari kampus Brawijaya setelah belasan tahun saya meninggalkannya. Namun hal itu berbeda saat saya berada di FP Unibraw. Tidak banyak yang berbeda dari FP Unibraw. Bangunan-bangunan masih tetap sama, hanya ada penambahan bangunan di samping Jurusan Tanah FP, dan Gazebo baru disamping Jurusan BP.

Tentu saja kesempatan itu tidak saya sia-siakan untuk mengelilingi berbagai tempat "bersejarah" bagi saya di lingkupan FP Salah satunya gedung Sosek Fakultas Pertanian. Rupanya gedung Sosek sudah beralih fungsi sebagai gedung pasca sarjana. Gedung Sosek berpindah ke gedung LPM yang tepat di depan gedung Sosek dulu.

Satu hal yang paling menonjol adalah Papan nama Fakultas Pertanian yang terdiri dengan kokoh tepat di gedung pusat Fakultas Pertanian. Tebak apa yang saya lakukan? Tentu saja saya dengan begitu narsis berfoto di Papan nama tersebut. Apalagi dengan senang hati Ibu Retno dan seorang teman, Anang, bersedia menemani saya berfoto bersama.

Begitu banyak perasaan yang berkecamuk dalam hati saya. Entahlah, saya ingin sekali lagi mengulang masa-masa kuliah dulu. Masa dimana saya mengenal banyak teman berbagai daerah diseluruh Indonesia. Masa dimana saya bersama mereka belajar banyak hal di setiap tempat di Fakultas Pertanian. Masa dimana saya menemukan jati diri dan apa yang saya inginkan dalam hidup saya. Dan entah begitu banyak rasa yang saya rasakan.

Namun.. Ada satu rasa yang begitu kuat dalam hati saya, yaitu rasa ingin berkumpul kembali dengan teman-teman masa kuliah di sosek dan Permaseta tentunya. Tentunya kerinduan ini akan bisa lebih terobati bila saya bisa saling berbagi cerita dengan teman-teman alumni dalam satu acara reuni dan waktu yang entah kapan bisa terwujud. Berharap suatu hari impian reuni itu akan terwujud. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...