Senin, 27 Mei 2013

Don't Give Up !!


Kematian merupakan misteri illahi. 

Berita yang cukup mengejutkan saya terima hari itu. Beberapa teman menulis status di Jejaring sosial mengenai meninggalnya Ustad Jeffry Al Bukhori atau kerap di panggil nama ustad Uje.

Innaillahi Wa Innaillahi Rojiun.. 
Masih teringat dalam benak saya, kisah hidup dari ustad Uje yang penuh dengan liku-liku sebelum akhirnya menjadi ustad. Perjalanan hidup yang penuh cerita hingga akhirnya tertuju untuk berbuat kebaikan. Segala yang berasal dari Allah akan kembali lagi kepada Allah. Semoga Allah memberikan kelapangan dan tempat yang terbaik untuk Ustad Uje. 

**

Tentang kematian..
 

Sejak beberapa waktu setelah mengalami ujian ini, saya terkadang mengalami fase down atau menyerah. Terkadang saya bertanya kepada Allah, apa maksud dari Allah memberikan semua ujian ini. Apakah kelak saya mampu menghadapi semua ini dengan sabar, iklas dan tetap ikhtiar. Bagaimana nasib anak-anak saya. Apakah saya masih kuat dan di berikan umur panjang oleh Allah untuk mendampingi, mendidik dan menyayangi mereka hingga mereka besar. Dan entah berapa banyak lagi pertanyaan dan kegelisahan yang bertebaran di kepala saya. 

Saya merasa kematian sudah terus mengintai saya. Bagaimana tidak, ada beberapa orang keluarga saya yang meninggal karena ujian yang sama. Seakan-akan ujian tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi keluarga saya. Saya masih ingat bagaimana terkejut dan sedihnya mereka saat saya dengan keberanian menyatakan kondisi saya. Bayangan kematian seakan-akan menghantui setiap detik, menit, jam dan hari-hari saya.

Tapi..
Berita meninggalnya Ustad Uje, seakan menyadarkan saya. Ya, kematian itu sebuah misteri. Kita tidak akan bisa menebak kapan datangnya kematian akan menjemput. Seorang manusia tidak akan tahu, kapan waktu, tempat dan dalam keadaan apa saat ia akan di jemput. 

Seharusnya itu pula yang menjadi nasehat dalam diri saya. Saya tidak boleh menyerah karena ujian ini. Saya tidak boleh meratapi nasib atau keadaan yang Allah telah gariskan kepada saya. 

Setiap orang akan mati. Sudah seharusnya kita bersiap-siap untuk kematian. Mungkin hari ini, esok, atau mungkin puluhan tahun lagi. Saya menjadi lebih bersyukur sekarang. Mungkin Allah meletakkan saya dalam kondisi ini, agar saya lebih bisa mendekatkan diri pada Nya. Bukan untuk pesimis menjalankan hidup. Masih banyak hal yang berguna dan bermanfaat untuk saya serta orang lain yang bisa di lakukan. 

Ah, terkadang hikmah kehidupan bisa di dapatkan tanpa sengaja saat kondisi atau cerita apa pun. Hal itu pula yang terjadi pada saya di hari ini... Don't Give Up.

Selamat beraktifitas kawans... 

Samarinda, 26 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...