Selasa, 14 Oktober 2014

Hati-hati Kabut Asap - Keping # 94

Jujur..

Saya sempat agak panik dan parno.  Gara-garanya, udara kota beberapa waktu ini tidak bersahabat.  Ya, kabut asap mulai berjalar ke seluruh isi kota.  Tentu saja ngga nyaman rasanya  melihat keadaan kota yang seperti ini.  Sinar matahari pun terhalang kabut asap untuk menyinari kota :(

Kabut asap menjadi salah satu Hal yang di cemaskan bagi masyarakat, khususnya yang mempunyai riwayat penyakit jantung atau gangguan pernafasan seperti asma dan bronkitis.  Belum lagi berbagai dampak lain seperti terjadinya iritasi atau infeksi mata, sesak nafas, dll.

Saya sendiri memang mempunyai riwayat sakit asma. Kebayangkan rasa tidak nyaman dengan kondisi kabut asap seperti ini. Apalagi beberapa waktu lalu, asma saya sempat kambuh.  Untungnya saya segera berobat ke dokter interist yang biasa menangani saya.

Saya sendiri sempat menuliskan berbagai jurus-jurus cerdas mengatasi kabut asap di blog saya.

Jurus-jurus cerdas mengatasi kabut asap itu antara lain :

1. Sebisa mungkin menghindari berbagai aktifitas di luar rumah atau yang berhubungan langsung terkena kabut asap. Semakin dekat kita berinteraksi dengan udara yang terkontaminasi kabut asap, maka semakin besar kemungkinan adanya gangguan kesehatan khususnya pernafasan.

2. Sering-seringlah mengkonsumsi air putih lebih banyak. Air putih selain bagus untuk tubuh, juga membantu agar tidak terjadi dehidarasi pada tubuh.

3. Jika memang memiliki riwayat penyakit jantung atau gangguan pernafasan seperti asma, bronkitis, dll. Ada baiknya segera pergi ke dokter apabila di temukan masalah pernafasan.

4. Tidak Ada salahnya sedia masker untuk menutupi pernafasan dari kabut asap saat berpergian keluar rumah. Kalau memang diperlukan, bisa pula mengenakan kaca mata untuk menghindari debu atau asap terkena mata.

5. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Ada baiknya melakukan hid up bersih sehat. Antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, tidak merokok, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

6. Sebisa mungkin menjaga agar rumah atau ruangan yang kita tempati tidak dimasuki oleh kabut asap. Caranya menutup pintu atau jendela dengan rapat bila tidak keluar rumah. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kabut asap masuk ke dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...