Senin, 25 Agustus 2014

Tetaplah Menjadi Pemenang, Teman - Keping # 57

Kemarin sore, saya menerima berita duka dari seorang teman. Teman tersebut telah meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker stadium lanjut.

Tentu saja berita itu membuat saya sangat bersedih. berita kematian memang membuat sedih siapa saja bagi orang-orang yang ditinggalkan. Saya berdoa, agar almarhum teman saya tersebut diberikan tempat paling indah disisi Allah SWT.

Semua Akan Berpulang

Ada sebuah kepastian yang dialami oleh seorang manusia, yaitu akan berpulang ke hadirat Allah SWT. Ya, itu sebuah Hal yang pasti.  Namun, kita tidak pernah tahu, bagaimana caranya, waktu, dan dimana kita akan berpulang.

Berkaca dari berpulangnya seorang teman tersebut, membuat saya kembali merenungkan mengenai makna perjuangan kanker. Teman tersebut meninggal setelah dengan sekuat tenaga melawan kanker.
Bukan, bukan berarti saya sepenuhnya menganggap kankerlah yang membuat teman saya meninggal.  Tetapi memang sudah takdir Allah yang menentukan semua itu.

Bagi kami sesama survivor stadium lanjut, perjuangan menaklukan kanker memang butuh tenaga lebih ekstra dibandingkan stadium awal.  Kami tidak hanya berlomba lomba dengan waktu untuk  melakukan segala cara dan pengobatan melawan kanker. Kami juga harus berjuang melawan rasa sakit dan nyeri yang setiap saat datang tanpa di duga.  Atau bahkan diantara kami, harus terus menerus merasakan nyeri tidak tertahankan.

Ini belum lagi bicara tentang hati dan perasaan.  Ada saatnya kami menjadi down, stress bahkan bingung akan berbuat apa. Namun ada kalanya kami menjadi semangat dan optimis dalam menaklukkan kanker. Terbersit keinginan yang kuat untuk bisa mendampingi anak anak sampai kelak mereka dewasa .
Tetaplah Menjadi Pemenang

Dulu, saya selalu berfikir, pemenang adalah orang yang bisa kuat dan sembuh melawan kanker. Itu dulu. Sedemikian sederhana saja pemikiran saya tenang arti pemenang.

Namun, seiring berjalannya waktu dan proses mengenai diri yang cukup lama, saya baru sadar arti pemenang yang sesungguhnya. Pemenang di mata saya adalah orang terus berjuang dan dengan sekuat tenaga untuk melawan kanker.

Ini tidak berbicara mengenai hasil akhir dari perjuangan itu sendiri. Tapi ini berbicara mengenai proses, keteguhan hati , semangat dan usaha. Seperti teman saya serta para survivor lain lakukan. Mereka berjuang untuk orang orang yang mereka kasihi. Mereka harus merasakan jatuh bangun secara fisik bahkan mental mereka. Namun, mereka bisa berdiri Dan bangkit lagi.

Ya, inilah bentuk perjuangan sesungguhnya. Bagi saya, itulah arti sebuah kemenangan dalam menaklukan kanker.

Selamat jalan teman...

Tetaplah terus menjadi seorang pemenang :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...