Rabu, 02 Januari 2013

Kolaborasi 3 Penulis Perempuan Kaltim




Bedah Buku & Talkshow Hari Ibu :
Kolaborasi 3 Penulis Perempuan Kaltim
*) Oleh : Tri Wahyuni Zuhri
(Trainner Penulisan, Koordinator IIDN Bontang,
Koordintor MACIBAKU Bontang, Studio Kata)

Ibu, merupakan sebutan mulia bagi seorang perempuan yang melahirkan dan membesarkan kita. Selama 9 bulan lebih, Ibu mengandung kita dalam rahimnya. Semua dilakukannya dengan penuh pengorbanan dan perjuangan hingga akhirnya melahirkan kita ke dunia ini. Tidak salah rasanya tanggal 22 Desember di abadikan sebagai hari Ibu. Hari Ibu dianggap sebagai penghargaan untuk kasih sayang dan jasa-jasa seorang ibu.
Tepat tanggal 22 Desember 2012,  bertempat di Gedung Perpustakaan Provinsi Kaltim, akan diadakan Talkshow dan Bedah Buku dengan Tema "Karya Para Ibu Untuk Kaum Ibu". Acara yang di gagas oleh Komunitas Buku Etam bekerja sama dengan Badan Perpustakaan Kalimantan Timur, memang di dedikasikan  untuk memperingati hari ibu. Diharapkan melalui acara tersebut dapat meningkatkan minat baca di kalangan kaum ibu dan membangun budaya gemar membaca bagi keluarga melalui ibu.
Hal lain yang menarik dari acara ini yaitu menghadirkan kolaborasi tiga penulis perempuan asal Kalimantan Timur yang karyanya sudah dipublikasikan secara nasional. Ketiga penulis itu adalah Inni Indarpuri dan Tri Wahyuni Zuhri sebagai pembicara, serta Sari Azis selaku moderator acara. Ketiga penulis perempuan ini memang sering bekerjasama untuk turut mendukung kampanye budaya menulis dan membaca di masyarakat, khususnya di Kalimantan Timur.

Pembicara  Tri wahyuni zuhri, inni Indarpuri
dan moderator Sari Azis

Sari Azis sendiri merupakan penulis Kaltim yang produktif menghasilkan karya. Novel perdananya Ssst. I'm playgirl pernah di terbitkan Gagas Media. Begitu pula dengan karya cerpen-cerpennya yang diterbitkan di majalah nasional maupun  berupa buku. Bahkan belakangan ini, Sari menjadi editor dari beberapa buku, dan menjadi contributor tetap di sebuah majalah nasional.
Sedangkan Inni Indarpuri dikenal sebagai novelis yang telah menghasilkan banyak karya fiksi.  Rencananya pada acara tersebut,  akan di launcing Novel Never Give Up karya Inni Indarpuri. Novel ini merupakan novel ke tiga Inni, setelah Diantara Dua Cinta dan Gampiran yang mengambil setting lokalitas Kalimantan Timur. Novel Never Give Up berkisah mengenai perjuangan seorang gadis bernama Puri yang tetap berjuang bangkit dari keterpurukan karena sakit yang di deritanya. Ada banyak hikmah positif yang bisa diambil dari buku ini.
Pembicara lainnya adalah Tri Wahyuni Zuhri. Selain telah menghasilkan banyak karya buku, dan sering menulis di media cetak antara lain di Tribun Kaltim,  ia pun menjadi trainner penulisan. Selain itu ia aktif sebagai koordinator IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) Bontang, dan tergabung dalam Studio Kata.
Pada acara Bedah buku dan Takshow tersebut, akan ada dua buku yang dibedah yaitu For The Love Of Mom dan Buku Kehamilan yang Menakjubkan. Buku For The Love Of Mom berisi kisah-kisah inspiratif tentang Ibu yang di tulis oleh anggota Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).  Dalam buku ini terdapat kisah yang ditulis oleh Inni Indarpuri dan Tri Wahyuni Zuhri.
Sedangkan Buku Kehamilan Yang Menakjubkan merupakan buku yang menceritakan pengalaman tentang kehamilan. Buku ini dieditori oleh Sari Azis, dan di gagas oleh Tri Wahyuni Zuhri. Para penulis di buku ini berasal tidak hanya dari Indonesia saja, tetapi dari luar negeri, seperti Malaysia, Jepang, Brazil. Selain itu terdapat penulis kaltim, seperti Dwi Rahmawati, Riesa Anisa, Sunaryo Broto, EzrinalAzis.
Acara pun akan diisi dengan pembacaan puisi oleh Fitriani Um Salva, Winda Hapianam dan Rusma serta pemberian doorprize.  Apabila ingin hadir di acara tersebut, bisa menghubungi panitia, Misriani (085211234168) dan  Dhenok (085292043143).     Diharapkan dari acara Bedah Buku dan Talkshow ini dapat memberikan warna tersendiri dalam peringatan hari ibu. Selain itu dapat meningkatkan semangat membaca dan menulis di masyarakat khususnya bagi para ibu. Amin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...