Senin, 14 Mei 2012

Kampanyekan Gemar Membaca


Kampanyekan Gemar Membaca :
KPADok Bontang Gelar Rangkaian Acara

Oleh : Tri Wahyuni Rahmat
(STUDIO KATA Bontang)

Setiap kali saya mengunjungi suatu daerah, saya selalu  menyempatkan diri berkunjung ke perpustakaan yang berada di daerah tersebut.  Banyak hal yang selalu menarik saya dapatkan ketika berkunjung ke berbagai perpustakaan.   Mungkin sebagian dari masyarakat akan berfkir bahwa perpustakaan hanya  sebuah  tempat  yang penuh dengan koleksi buku-buku. Apakah seperti itu pandangan kita terhadap perpustakaan?  Ternyata tidak semua kenyataan seperti itu berbicara.
Salah satunya ketika saya berkunjung ke  Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumen  (KPADok) Kota Bontang.  Saat menginjakkan kaki ke gedung KPADok Kota Bontang, pemikiran saya  mengenai perpustakaan akan jauh lebih berbeda.   Perpustakaan ini bukan  hanya sekedar tempat terpajangnya koleksi buku-buku semata. Tetapi banyak manfaat yang bisa di dapatkan saat kita berkunjung di tempat itu.
Pelayanan ramah dan bersahabat yang di tunjukkan oleh petugas perpustakaan, membuat pengunjung perpustakaan menjadi merasakan lebih nyaman dan di perhatikan.  Tata letak rak buku dan koleksi buku dalam  perpustakaan pun di atur sedemikian rupa, sehingga memudahkan pengunjung mencari dengan berbagai koleksi  buku yang diinginkan. Tentu saja hal itu membuat pengunjung betah berlama-lama berada di perpustakaan.
Sembari melihat-lihat  perpustakaan tersebut, pandangan  saya tertuju pada  sebuah x banner yang berdiri di depan perpustakaan tersebut. Gambar x banner menampilkan sosok Andy F Noya, sebagai Duta Baca Indonesia.  sosok Andy sering kita kenal melalui salah satu program televisi yang dipandunya dengan judul Kick Andy. Yang membuat saya tersenyum, saat membaca tulisan di x banner tersebut sebagai berikut :"Buku Langkah Pertamaku Menggapai Cita-cita"
Saya langsung setuju dengan isi tulisan tersebut.  Bagi saya, buku adalah sumber ilmu pengetahuan, bahkan banyak orang yang menyamakan buku sebagai jendela dunia. Dengan membaca buku, seseorang tidak hanya bertambah ilmu dan wawasan saja, tetapi buku merupakan langkah pertamanya menggapai cita-cita. Sebuah bangsa yang besar dan maju, biasanya di cirikan karena  sebagaian besar masyarakatnya gemar membaca.  Dengan membaca, mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang tidak hanya berguna untuk kehidupan pribadi mereka.  Namun hal itu bisa bermanfaat untuk membangun dan memajukan bangsa ataupun negara mereka.  
Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang  tepat sebagai sarana penyediaan buku-buku bagi masyarakat. Sebenarnya ada beberapa fungsi dari perpustakaan sendiri,  selain sebagai tempat penyimpan koleksi, perpustakaan berfungsi pula menyediakan berbagai informasi bagi masyarakat.  Dari fungsi pendidikan, perpustakaan dapat menjadi tempat dan menyediakan sarana untuk belajar baik secara formal maupun non formal. Bahkan perpustakaan pun dapat berfungsi sebagai  rekreasi kultural bagi masyarakat dengan membaca dan mengakses berbagai sumber seperti cerita rakyat, puisi dan sebagainya. Perpustakaan pun bisa berfungsi secara kultural, untuk mengembangkan apresiasi budaya melalui berbagai kegiatan, misalnya bedah buku, pameran, seminar, dan sebagainya.
Dengan mengetahui banyak fungsi dari perpustakaan tersebut, tentunya akan semakin menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan. Tentu saja hal ini harus di barengi dengan kesigapan dari pihak perpustakaan sendiri dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.  Seperti yang saya singgung sebelumnya, semakin banyak masyarakat yang gemar membaca, maka akan semakin maju dan berkembang bangsa kita. 
Ada beberapa agenda menarik yang di adakan oleh KPADok Kota Bontang di Bulan Mei ini.  Tentunya hal ini akan menambah minat masyarakat untuk turut hadir di Perpustakaan tersebut.  Pada tanggal 1-7 Mei,  di adakan pameran buku yang di bertempat di gedung KPADok.  Kemudian tanggal 3 Mei, akan ada  acara Bedah Buku karya Bapak Syafruddin Pernyata.  Dilanjutkan acara pada 4 Mei yang merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Bontang khususnya dan Kaltim, yaitu  Acara road show bersama Duta Baca Indonesia  Andy F Noya beserta Andrea Hirata (penulis Laskar Pelangi).  Serta beberapa acara lainnya yang  merupakan rangkaian acara dari Ekspresi Pelajar Bontang Untuk Membaca.  
Tentu saja beberapa kegiatan tersebut  saya nilai sangat positif bagi masyarakat Kota Bontang.   Perpustakaan bisa berfungsi secara luas sebagai sumber ilmu dan pengetahuan, sumber informasi, pendidikan, rekreasi cultural bagi masyarakat.  Saya pribadi berharap, akan banyak lagi acara ataupun kegiatan positif yang bisa di lakukan di berbagai perpustakaan yang ada di daerah kita ini.  Sehingga akan banyak masyarakat akan lebih mengenal perpustakaan dan turut mendukung kampanye gemar membaca.  Ayo, mari kita dukung kampanye gemar membaca.

*) Dimuat di Tribun Kaltim, Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...