Kamis, 16 Februari 2012

Kritik dan Gesekan, Membuat Semakin Maju!


Kritik dan Gesekan, Membuat Semakin Maju!


oleh : Tri Wahyuni Rahmat 

Tulisan ini  saya buat terinpirasi dari seorang teman yang awalnya tidak terlalu suka menulis,  tiba-tiba menjadi begitu produktif menulis.

"Menulis itu dengan hati dan perasaan. Jangan pedulikan berapa banyak orang mengkritik atau menghujatmu. Biarkan saja. Anggap itu sebuah pelecut semangatmu untuk menulis," ujarnya.

Saya  kala itu hanya mengangguk mengiyakan, walaupun saya  setuju dengan apa yang dikatakannya.

Salah satu kunci sukses seorang penulis adalah menulis, menulis dan menulis (3M).  Dengan terus menulis, maka cepat atau lambat, kita akan mengetahui seberapa besar kemajuan tulisan kita. Bahkan tanpa kita sadari, dengan terus menulis, kita nanti akan bisa meraba apakah tulisan tersebut memang sudah berkualitas atau tidak. Ya, kuncinya hanya dengan terus menulis. 

Saya percaya, dengan 3M tersebut, seorang penulis akan menjadi terasah kemampuannya. Mungkin akan ada beberapa orang yang mengkritiknya dengan tajam, mencemooh atau bahkan menghinanya.  Si penulis hanya punya 2 pilihan, yaitu berhenti menulis karena merasa kalah karena kritik dan cemoohan tersebut. Atau menjadikan kritik dan cemoohan tersebut sebagai lecutan untuk terus maju menulis, seperti yang terjadi pada teman saya tersebut. Saya pribadipun memilih hal yang sama seperti teman saya tersebut.

Hal yang terpenting bagi seorang penulis adalah membaca,terutama membaca karya orang lain. Mengapa membaca? Ya, dengan membaca akan membuka wawasan dan pengetahuan penulis. Dengan membaca si penulis dapat mempelajari banyak hal dari apa yang di bacanya.  Salah satunya bagaimana karya tulisan  tersebut diramu menjadi tulisan hingga enak di baca. Merangkai kata demi kata, menambahkan pemahaman dan pemikiran di dalamnya. Penulis bisa belajar banyak dengan membaca karya tulisan penulis lain tersebut. Tulisan itu bisa dibaca melalui buku, blog, notes, atau bahkan sekedar postingan cover  buku atau tulisan penulis lain di media sosial di internet.

Dan sadarkah, ada efek lain ketika seorang  penulis  membaca karya penulis lain? Ya, sebuah gesekan. Tentu teman-teman bertanya, apa maksudnya gesekan tersebut?

Saya contohkan begini, misalnya saja suatu ketika anda membaca sebuah tulisan seorang teman yang anda kenal. Atau bahkan tanpa sengaja anda melihat teman anda memasang foto  karya terbarunya sebagai pic di FB, BB, twitter, dll.  tentu saja berapa kemungkinan yang terjadi setelah anda melihatnya. Bisa perasaan kaget, senang,  bangga, atau bahkan ada mengkritiknya, mencemoohnya dengan berbagai alasan. 

Sah-sah saja berbagai kemungkinan itu dilakukan. Tetapi tahukah kita, ada satu hal penting yang bisa kita petik dari hal itu. Yaitu sebuah gesekan. Ya, dengan membaca dan melihat karya orang lain, alangkah lebih baiknya menjadi sebuah gesekan kita untuk turut berkarya.

Untuk menjadi cambuk lecutan kita untuk menghasilkan karya seperti dia, atau bahkan karya yang lebih baik. Hal itu lebih baik dari pada kita hanya terdiam dan merendahkan diri karena tidak mampu berkarya. Atau bahkan mengkritik atau  mencemoohnya, karena merasa lebih mampu.  Lebih positif bila kita tunjukkan dengan tindakan melalui  karya bukan?

Secara jujur, saya pernah dikritik dan mengalami gesekan. Ya, saya bisa terus menulis, menulis, dan menulis karena selain motivasi diri sendiri, juga karena kritik dan gesekan.  Saya merasa sangat salut dan berterima kasih kepada teman-teman yang memotivasi saya untuk terus menulis.  

Mungkin hal itu bisa dilakukan mereka dengan sadar ataupun tidak. Misalnya saja dengan menginformasi berbagai  lomba dan audisi  penulisan, kegiatan penulisan. Bergabung dalam komunitas penulisan. Ataupun mereka yang memposting tulisan ataupun karya mereka dalam media sosial di FB, blog, twitter, dll. Saya sangat menghargai karya-karya mereka. Semuanya sangat memacu adernalin saya untuk terus menulis dan menulis. Jangan takut di kritik atau gesekan ya, karena semua membuat kita semakin maju...:)

So... , ayo terus berfikir positif dan terus tunjukkan karya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...