Rabu, 27 Mei 2015

Terapi Pasca Operasi By Pass Jantung - # Keping 140

Alhamdulillah, bapak sudah pulang ke Samarinda pasca operasi by pass jantung tanggal 29 April lalu.  Kondisi bapak sudah semakin membaik dan mulai bersemangat lagi.
Agenda selanjutnya yaitu melanjutkan sessi terapi untuk pemulihan kondisi fisik sekaligus memupuk rasa percaya diri pasca operasi.  Sebenarnya waktu di Jakarta, bapak sudah melakukan 4 kaki sessi terapi dari 12 sessi keseluruhan.  Sehingga begitu di Samarinda tinggal melanjutkan lagi terapinya.


Sebenarnya tidak ada perbedaan tujuan terapi yang diadakan, antara rs di jakarta maupun rs di sini.  Namun ada beberapa metode terapi yang berbeda, walaupun tujuannya sma.  Apabila di Jakarta, sebelum terapi, bapak melakukan senam terlebih dahulu. Setelah itu di lanjutkan dengan latihan jalan dengan memantau jarak serta waktu tempuh berjalan.


Nah, kalau di samarinda, bapak di tanganin oleh fisioterapi khusus yang memang menangani pasien jantung.  Terapi pun selain dengan memakai jalan kaki dengan memantau jarak dan waktu tempuh. Terapi juga di padukan dengan memakai alat seperti treadmill dan sepeda khusus.  Berhubung bapak pasien khusus jantung pasca operasi, terapi dilakukan secara bertahap.

Pada pertemuan pertama, fisioterapi ingin melihat terlebih dahulu bagaimana kemampuan gerak yang bisa bapak lakukan saat itu.  Sehingga bisa di buat rancangan agenda terapi selanjutnya, di sesuaikan dengan kondisi bapak.  Kalau pun ada penambahan terapi, maka dilakukan secara bertahap.



Untuk terapi ini, saya memang bertugas menemain bapak.  Soalnya sekalian jadwal saya kontrol berobat ke dokter hehehe.. ibaratnya, sekali mendayung, dua pulau terlampaui...
Tetap semangat yaaa paaakkk

1 komentar:

  1. Oh, asli Samarinda ya? Saya punya sahabat sejak kecil di Samarinda. Yg punya toko Sudut Putih di Jl Batur 13. Dia juga penderita kanker & payudaranya sdh diangkat di Jakarta. Semoga sehat semua ya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...