Jumat, 13 November 2009

Catatan dari Seminar dan Bedah Buku Sastra Terbitan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim (3 November 2009)

Oleh : Tri Wahyuni

Ada kisah menarik yang bisa saya sherringkan kepada rekan-rekan mengenai keikutsertaan saya dalam seminar dan bedah buku sastra terbitan kantor bahasa Provinsi Kaltim yang dilaksanakan tanggal 3 November 2009. Acara tersebut berlangsung di Aula Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur Samarinda.

Selain saya sendiri dari Bontang,sebenarnya ada beberapa rekan penulis yang di undang. Yaitu Sunaryo Broto, Untung Erha, Shantined, Parjoto, yang semuanya dari STUDIO KATA, dan terakhir Ibu Muthi dari FLP. Namun dikarenakan ada satu dan lain hal, hanya saya dan pak parjoto dari Bontang yang bisa hadir di samarinda. Saya dapat hadir di acara tersebut karena bersamaan kepulangan saya dari Surabaya karena urusan pekerjaan, sehingga sekalian mencocokan waktu mengikuti acara tersebut.

Seminar tersebut mengambil tema "Peran Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan timur dalam Pengembangan Sastra di Kalimantan Timur". Disamping itu buku yang di bedah antara lain adalah Biografi Pengarang Kaltim dan Ikhtisar Sastra Kaltim.

Pembicara yang dihadirkan yaitu Drs.Pardi,M.Hum (Kepala Kantor Bahasa), Drs. Hamdani (Dewan Kesenian Daerah), dan Drs. Syaiful Arifin, M.Hum (Universitas Mulawarman)

Acara di buka oleh pementasan teater dari mahasiswa dan mahasiswi jurusan bahasa indonesia Universitas Mulawarman. Pementasan teater tersebut cukup menarik dan enak di tonton. Kemudian dilanjutkan pembacaan puisi oleh sastrawan Bontang, Bapak YB Paryoto yang meruoakan guru dari YPK Bontang.

Peserta seminar dan bedah buku sendiri terdiri dari berbagai kalangan, yaitu sastrawan, guru, pelajar, mahasiswa dan pemerhati sastra di kalimantan Timur.

Pada acara inti yaitu pemaparan materi oleh ketiga pembicara, peserta tampak serius menyimaknya. Bahkan dari sesi tanya jawab, tampak antusias dari peserta. Ini terlihat dari banyaknya peserta mengajukan pertanyaan yang menarik.

Pembicara Bapak Pardi yang juga Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim banyak memaparkan tentang perkembangan sastra di Kalimantan Timur. Beliau bahkan mengungkapkan bahwa terjadi perkembangan cukup signifikan di tiap daerah di Kaltim.

Misalnya munculnya komunitas-komunitas Sastra di masing-masing daerah disertai dengan karya yang di hasilkan. Misalnya JPK (Jaring Penulis Kaltim) yang di motori Korie Layun Rampan, Herman Salam dkk yang telah menghasilkan buku Antologi Cerpen Bingkisan Petir dan Samarinda Kota Tepian.

Bapak Drs. Syaiful Arifin, M.Hum dari Universitas Mulawarman dan Bapak Hamdani dari Dewan Kesenian Daerah memaparkan topik bedah buku tentang Biografi Pengarang Kaltim.

Syaiful Arifin mengamati buku Biografi Pengarang Kaltim sebagai salah satu buku yang cukup lengkap untuk menjelaskan biografi pengarang yang ada di Kaltim dari jaman dulu sampai sekarang. Walaupun ada beberapa pengarang kaltim yang belum termasuk di dalamnya. Bahasa dalam buku Biografi pun disorot beliau karena bahasa nya yang enak di baca, tidak kaku. Hal ini mungkin tim penulis Balai Bahasa sendiri yang masuk angkatan muda.

Di dalam Biografi Pengarang Kaltim tersebut, terdapat nama-nama Penulis dari Bontang, antara lain Abdul Hakim, Sunaryo Broto, YB Paryoto, Untung Erha, Shantined dan Tri Wahyuni. Dimana nama Komunitas Studio Kata pun masuk ke dalam biografi tersebut.

Dalam Buku Ensklopedia Sastra Kaltim, menuliskan segala hal dari abjad A-Z mengenai sastra di Kalimantan Timur. Halaman Pembuka diisi Biogrfi Penulis Bontang, Abdul Hakim. Disamping itu Buku Kumpulan Puisi Aku Ingin Hidup Lebih Lapang Karya Sunaryo Broto beserta biografi beliau juga termasuk di dalamnya.

Ada pula Buku Balada Manusia Industri terbitan Etam Media Press, kemudian Biografi penulis Bontang, Untung Erha, Shantined, YB Paryoto, Tri Wahyuni. Untuk Komunitas di Bontang, terdapat Club Baca 33 dan Teater Timur Bontang.

Dari segi hasil karya penulis Bontang, terdapat buku Kumpulan Cerpen Tidak Cukup Hanya Cinta karya Tri Wahyuni. Antologi Puisi Cahaya Hati karya SDIT As Syamill terbitan FLP . Antologi Prosa Cerita dari Anglasa karya SD YPK 2 terbitan FLP dan sebagainya.

Pembicara Bapak Hamdani, menyoroti peran media lokal di Kaltim untuk sastra. Memang telah dirasakan daya dukung media lokal terutama pemberian ruang sastra di media sangatlah kurang.

Namun beliau mengatakan agar tetap optimis. Apalagi selama ini ia sendiri membuktikan bahwa kegiatannya bersastra termasuk menulis, berteater dsb, ternyata dapat menghasilkan finansial yang baik. Beliau malah mencontohkan, penulis skenario ayat-ayat cinta yang merupakan penulis dari Balikpapan, bisa menghasilkan uang yang banyak dari menulis skenario . Benar-benar luar biasa kan...

Samarinda-Bontang,
November 2009

1 komentar:

  1. Lowongan Kerja English Tutor Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang Samarinda & Balikpapan. Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com. Atau hubungi No Telp 0541-273163 (Samarinda) dan 0542-737537 (Balikpapan). Kunjungi www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...